HALLEY-MINHO

Cari Blog Ini

Senin, 10 Januari 2011

Pengorbanan untuk Ibu Pertiwi Part 1


Sebentar lagi kitaakanmemperingatihari 10 November.  Tahukah kalian hariapaitu? Benar,ituadalahharipahlawan.  Kenapadisebutharipahlawan?Dan bagaimanakitaharusmemperingatiharipahlawantersebut?Tentunyapertanyaan-pertanyaandiatasdapatkitajawabsesuaidenganpendapatkitamasing-masing yang mungkinakanberbeda. Tanggal 10 November diperingatisebagaiharipahlawankarenamenurutsejarahpadatanggalituseluruhrakyat Indonesia berjuangmati-matianuntukmelindungibangsa Indonesia inidanmemepertahankankemerdekaannyadaritangan-tanganpenjajah yang inginmerebutdanmenguasainya.Lantasbagaimanaseharusnyakitamemperingatiharipahlawanini?Tentujawabannyabukandenganhura-hura,merayakanpestamakanatausebagainya. Kita renungkandanpikirkanusaha-usaha yang telahdilakukanpahlawan-pahlawandahulu yang relaberkorbandenganmempertaruhkannyawanyauntuknegeriini.
Apa yang haruskitalakukansebagaigenerasipenerusbangsaini? Kita sebagaigenerasipenerusbangsahendaknyamelakukanupaya yang samadenganpahlawan-pahlawanterdahulu,meskitidaksampaiharusmengorbankannyawa. Setidaknyakitabisamengisikemerdekaan yang telahdiperjuangkanolehbeliau-beliaudenganmelakukanusaha-usahauntukmembangun Negara inimenjadilebihmajulagi.Denganberbekalsumberdayamanusia yang tinggisertasumberdayaalam yang melimpahsebagairahmat ALLAH SWT,hendaknyakitabisamemanfaatkanitusemuasebagai modal kitauntukmemajukanbangsaini.
Namun,sekarang yang terjadipadabangsainiadalahhanyaterdiridariaktivitas-aktivitasmanusia yang merusakbangsa. Pembakaranhutansertapenebanganhutansecara liar yang merusakalam yang hanyadengantujuanuntukmendirikankawasan-kawasanindustri,parapejabat Negara yang korupsi,serta lain-lainnya. Tentunyahalinimerusaknamabaikbangsa di mata Negara lain. Apakahhalinipantasdilakukan,sementaradahulupahlawan-pahlawanberjuangmati-matianmempertahankanbangsaini? Inisamasajakitamenyia-nyiakanpengorbanan yang telahmerekalakukan.
Apasajakah yang telahkitalakukanuntukbangsaini? Tentujawabannyabelumadakalaumenurutsaya,jikaadapunmungkihanyakecilusahanyakalaudilihatdarikondisibangsainisekarang. Hendaknyaperlukitasadaribetapaberharganyaperjuangan yang telahdilakukanolehpahlawandahuludankitasebagaigenerasipenerusnyahendaklahmelanjutkanperjuanganmerekahinggaakhirhayatkita.Hal inidilakukansemata-matauntukmemajukanbangsa Indonesia ini agar lebihmaujdanberkembangsesuaidenganharapanparapahlawandahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar